Ada 6 Manfaat Angkat Beban Bagi Wanita Yang Perlu Anda Ketahui

02/10/2014 10:32
 
Berlatih angkat beban sering dipikirkan sebagai olahraga miliki pria saja, banyak wanita yang masih “gag mau” atau "takut" melakukan aktivitas olahraga ini. Mereka berpikir (Para Wanita) jika mereka berlatih angkat beban akan membuat tubuh mereka bertambah besar,  Namun tahukah Anda bahwa olahraga angkat beban faktanya membakar lebih banyak serta menunjang pembentukan tubuh padat tanpa lemak? khusus untuk wanita hanya perlu mengatur jumlah beban yang digunakan dan tidak terlalu berat.
 
Jika Anda masih ragu, simaklah beberapa alasan kenapa wanita tetap perlu melakukan angkat beban :
 
1. Membakar lemak tubuh
 
Bukan hanya latihan kardio yang mampu Anda andalan untuk membakar lemak tubuh. Variasi dengan angkat beban justru akan membuat olahraga lebih efektif dan bisa membuat anda tidak jenuh dalam berolahraga.
 
2. Mencegah cedera
 
Angkat beban memperkuat otot dan tendon, sehingga mengurangi risiko cedera. Otot dan tendon yang kuat  penting artinya terutama saat tubuh beranjak menua, karena saat menginjak usia tua, seseorang menjadi lebih rentan cedera.
 
3. Menguatkan fisik
 
Setelah rutin melakukan angkat beban, Anda akan merasa lebih kuat sehingga lebih mudah melakukan jenis olahraga lainnya. Selain itu, Anda pun akan lebih ringan saat harus mengangkat beban berat. Ini tentu akan bermanfaat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
 
4. Tubuh terlihat lebih kencang
 
Manfaat ini penting, khususnya bagi Anda yang telah berhasil mengurangi berat badan dan mendapati kulit bergelambir di beberapa bagian tubuh. Dengan melakukan angkat beban, otot akan terbentuk dan “mengisi” bagian yang bergelambir tadi. Sehingga tubuh menjadi lebih padat dan kencang.
 
5. Mengurangi risiko kesehatan
 
Salah satu manfaat angkat beban yang mungkin masih belum banyak diketahui adalah memperbaiki kesehatan secara keseluruhan. Hal ini karena angkat beban dapat membantu memperbaiki proses metabolisme gula di dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko diabetes tipe 2. Angkat beban juga mampu meningkatkan kepadatan tulang
 
6. Latihan beban bisa bikin makin percaya diri
 
Latihan beban juga memiliki beberapa manfaat pada psikologis. Pada zaman emansipasi ini, wanita mengklaim bisa melakukan apa saja yang pria bisa, termasuk latihan beban. Wanita yang latihan beban umumnya cenderung merasa lebih percaya diri tentang diri mereka sendiri.